Skripsi
Pembelajaran Virtual Melalui Channel Youtube “Kok Bisa?” : Studi Kasus Mengenai Pembelajaran Video Animasi Edukasi pada Channel Youtube “Kokbisa?”
ABSTRAK
Ali Rabin Harahap, 210110140027, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul Model Pembelajaran Virtual Melalui Channel YouTube “Kok Bisa?”. Fokus kajian ini adalah Mengenai Pembelajaran Virtual Video Animasi Edukasi Pada Channel Youtube “Kok Bisa?”. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Dadang Sugiana, M.Si., dan Dr. Uud Wahyudin, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa terdapat animasi dalam setiap video edukasi “Kok Bisa?”, bagaimana proses produksi video edukasi pada Channel YouTube “Kok Bisa?”, serta bagaiamana interaksi antara subscriber dengan Channel “Kok Bisa?”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: penggunaan animasi dalam video edukasi “Kok Bisa?” memiliki beberapa fungsi yaitu, kemudahan dalam produksi video, sebagai daya tarik penonton, lalu untuk memudahkan penonton dalam memahami informasi yang disampaikan. Proses produksi video edukasi “Kok Bisa?” dimulai dari, mencari isu, riset data, penulisan sricpt, story board dan audio recording, serta editing. Interaksi antara subscriber dengan “Kok Bisa?” dalam proses pembelajarannya diawali dari Uploading and Sharing Materials, Forums and Chats, Quizzes and Surveys, Gathering and Reviewing Assignments, dimana keempat poin tersebut merupakan fungsi-fungsi utama dalam menyelenggarakan kegiatan e-Learning, yang disebut sebagai Learning Management System (LMS).
Keywords : Edukasi, Interaksi, Animasi, Video.
No copy data
No other version available