Skripsi
STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PT PERTAMINA (PERSERO) REGION III
STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYDI PT PERTAMINA (PERSERO) REGION III
STUDI KASUS MENGENAI STRATEGI KOMUNIKASI PADA PROGRAM OMABA DI KOTA BANDUNG
Penulis : Andini Humaira
NPM : 210110140217
Nomor Panggil : K1C 1571
Asal Literatur : Skripsi
ABSTRAK
Andini Humaira, 210110140217, 2018. “Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility di PT Pertamina (Persero) Region III”. Dr. Slamet Mulyana, M.I.Kom. sebagai Pembimbing Utama dan Hj. Kismiyati El Karimah, Dra., M.Si. sebagai Pembimbing Pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pelaksanaan program “OMABA”, perencanaan komunikasi, pelaksanaan komunikasi dan evaluasi komunikasi dalam Program “OMABA”. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pembangunan sebagai panduan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi CSR dalam Program OMABA terdiri atas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan yang dilakukan dalam perencanaan komunikasi terbagi menjadi komunikasi strategis dan komunikasi teknis. Tahapan pada pelaksanaan komunikasi disesuaikan dengan khalayak dan pesan yang ingin disampaikan, pada tahapan ini terbagi menjadi tiga yaitu lokal, internal dan eksternal. Tahapan pada evaluasi komunikasi mencakup monitoring oleh PT Pertamina (Persero) Kantor Pusat, kemudian evaluasi dari PT Pertamina (Persero) MOR III dan monitoring serta evaluasi oleh PT Pertamina (Persero) TBBM Bandung Group kepada Program OMABA. Kemudian strategi yang digunakan dalam menjalankan Program OMABA adalah strategi partisipasi yang merupakan salah satu bentuk strategi komunikasi pembangunan.
Kata kunci: Strategi, Komunikasi, CSR, PT Pertamina (Persero)
No copy data
No other version available