Skripsi
Political Marketing Partai Gerakan Perubahan Indonesia
POLITICAL MARKETING PARTAI GERAKAN PERUBAHAN INDONESIA
(Studi Kasus mengenai Gerilya Sunyi Partai Garuda sebagai Partai Politik Baru di Indonesia)
Penulis : Putri Salma Suhardi
NPM : 210310150039
Nomor Panggil : K1B 1671
Asal Literatur : Skripsi
ABSTRAK
Putri Salma Suhardi, 210310150039, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Political Marketing Partai Gerakan Perubahan Indonesia” dengan Dr. Hj. Diah Fatma Sjoraida, M.Si. sebagai pembimbing utama dan Dr. Evi Novianti, S.Sos., M.Si. sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan, strategi political marketing, dan hambatan pengurus Partai Garuda dalam melakukan gerilya sunyi sebagai strategi political marketing Partai Garuda yang merupakan partai politik baru di Indonesia. Paradigma penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme, dengan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian studi kasus. Teori yang digunakan adalah Teori Konstruksi Sosial atas Realitas dan konsep political marketing. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penelusuran online, dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengurus Partai Garuda melakukan political marketing melalui gerilya sunyi atas penafsirannya terhadap kondisi perpolitikan Indonesia saat ini yang cukup ingar-bingar dan membuat masyarakat menjadi jenuh. Selain itu, kondisi finansial partai serta keinginan untuk merubah pragmatisme politik di masyarakat menjadi alasan pengurus Partai Garuda memilih untuk melakukan gerilya sunyi. Pengurus Partai Garuda melakukan gerilya sunyi dengan langsung mengunjungi masyarakat ataupun komunitas untuk melakukan pendekatan secara tatap muka dan membangun hubungan yang jangka panjang. Terbatasnya finansial dan sumber daya yang dimiliki, pandangan buruk masyarakat mengenai politik, politik uang, dan menurunnya motivasi anggota Partai Garuda menjadi hambatan pengurus dalam melakukan political marketing Partai Garuda sebagai partai politik baru di Indonesia melalui gerilya sunyi.
Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya pengurus Partai Garuda melakukan riset perbandingan dengan strategi political marketing yang dilakukan partai politik lain, tidak mengabaikan popularitas partai, dan tidak menomorduakan penggunaan media-media yang ada untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas.
Kata Kunci : Partai Garuda, political marketing, gerilya sunyi
No copy data
No other version available