Skripsi
Kepentingan Induk Perusahaan dalam Pengelolaan Agenda dan Konten Pemberitaan di MNC Trijaya Bandung
Kepentingan Induk Perusahaan dalam Pengelolaan Agenda dan Konten Pemberitaan di MNC Trijaya Bandung
Penulis : RAHMATUL FAJRI/ 210110120045
Nomor Panggil : K1A. 0903
Asal Literatur : Skripsi
ABSTRAK
Rahmatul Fajri.210110120045, 2018. Skripsi ini berjudul Kepentingan Induk Perusahaan dalam Pengelolaan Agenda dan Konten Pemberitaan di MNC Trijaya Bandung. Studi Kualitatif Pengaruh Kepentingan Induk Perusahaan dalam Pengelolaan Agenda dan Konten Pemberitaan di MNC Trijaya Bandungdari Sudut Pandang Spasialisasi Ekonomi Politik.Dr. Dian Wardiana Sjuchro, M.Si sebagai Dosen Pembimbing Utama dan Pandan Yudhapramesti, S.Sos, MTsebagai Dosen Pembimbing Pendamping. Program Studi Jurnalistik. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran proses perpanjangan lembaga atau sistem radio berjaringan di MNC Trijaya Bandung. Penelitian ini juga ingin mengetahui dampak dari proses perpanjangan lembaga dilihat dari aspek lokalitas, homogenisasi isi, dan gaya siaran MNC Trijaya Bandung.Ekonomi politik Vincent Mosco menjadi teori utama penelitian dengan pemusatan perhatian pada Spasialisasi. Spasialisasi merupakan proses untuk mengatasi ruang dan waktu, sehinggamedia mampu menyajikan produknya ke hadapan pembaca, pemirsa, ataupun konsumennya secara lebih luas. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis yang melihat struktur kepemilikan media sangat dipengaruhi oleh kekuasaan modal dan pemilik perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan MNC Trijaya Bandungsebagai perpanjangan lembaga di daerah yang mempunyai tujuan kepentingan bisnis dan politik dari pemilik perusahaan. Selain itu, dengan pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi, induk perusahaan ikut mengawasi dan mengatur konten dan informasi dari MNC Trijaya Bandung.Penelitian ini adalah rekomendasi untuk MNC Trijaya Bandungsebagai bagian dari kepentingan ekonomi politik induk perusahaan agar menjadi dominan dalam memproduksi konten dan mengutamakan kepentingan informasi pendengar di Kota Bandung, serta mampu memaksimalkan penggunaan media baru sebagai upaya menjangkau khalayak secara lebih luas.Kata Kunci: Ekonomi Politik, Spasialisasi, MNC Trijaya Bandung, Radio Berjaringan
ABSTRACT
Rahmatul Fajri.210110120045, 2018. This research, entitledThe Influence of Parent Company Interest on Managing Agenda and News Content in MNC Trijaya Bandung. The Influence of Parent Company Interest on Managing Agenda and News Content in MNC Trijaya Bandung from The Perspective of Political Economy Spatialization. Dr.H.Dian Wardiana Sjuchro, M.Si as Supervisor and Pandan Yudhapramesti, S.Sos, MT. as Co-Supervisor. Departmentof JournalismStudies,Faculty of CommunicationScience,Universitas Padjadjaran.This study aims to provide an overviewthe process of MNC Trijaya Bandung as an extension of the institution. This research would also like to know how far the processextension of the institution which has impact to local media aspect of the locality, independency, content homogenization, and broadcasting style.Political economy is the main theory focusing on spatialization aspect. Spatialization as a process for overcoming space and time, map out the extent to which the media were able to present their products to the readers, viewers, or consumers to reach a wider audience. This study is a critical paradigm research which considers media ownership structure is mainly affected by capital power.The results of this study indicate MNC Trijaya Bandung as an extension of the institution that have the purpose of business and political interest of the owners of the company. Additionally, technology, information, and communication are used by parent company to take control and to manage the content and information in MNC Trijaya Bandung.This research is a recommendation for MNC Trijaya Bandung as a part of political economy through his parents institution policy to be dominant in producing content and prioritizing information of local audience in Bandung City, also in optimizing new media to reach a wider audience.Keywords: Political Economy, Spatialization, MNC Trijaya Bandung, Radio Network
No copy data
No other version available