Skripsi
Penerapan Literasi Informasi oleh Pustakawan di SMAN 24 Bandung : Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus di Perpustakaan SMAN 24 Bandung
Abstrak
Penelitian ini mengenai penerapan literasi informasi oleh pustakawan di SMAN 24 Bandung. Penelitian ini dilakukan di perpustakaan SMAN 24 Bandung, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pustakawan dalam menerapkan literasi informasi kepada siswa yang didasarkan pada model pengembangan literasi informasi SCONUL (Society of College, National and University Librarie) dengan tujuh tahapannya yaitu identify, scope, plan, gather, evaluate, manage, dan present. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Alat bantu yang digunakan untuk pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara-cara yang dilakukan pustakawan setiap tahapan sudah cukup baik mulai dari menentukan kebutuhan informasi pemustaka, memperkenalkan sumber-sumber informasi, memperkenalkan penggunaan kata kunci, menjelaskan pengumpulan informasi menggunakan katalog, memastikan informasi yang ditemukan relevan, membantu siswa menghindari plagiasi, dan membantu siswa dalam menyajikan hasil temuan. Penulis menyimpulkan dari penelitian bahwa kompetensi pustakawan dalam menerapkan literasi informasi kepada siswa sudah baik, namun masih kurang maksimal karena kurangnya dukungan dari pihak sekolah seperti menyediakan sarana pra sarana dan kurangnya waktu pustakawan untuk berkomunikasi langsung dengan siswa. Oleh karena itu alangkah baiknya jika pustakawan dan pihak sekolah bekerja sama dalam mendukung kegiatan literasi informasi di sekolah untuk mewujudkan terciptanya komunitas yang literet.
No copy data
No other version available