Buku
Proses Berbagi Pengetahuan Dalam Pembelajaran Organisasi : Studi Kasus pada Subbidang Perawatan dan Perbaikan Bahan Pustaka di Pusat Preservasi Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
ABSTRAK
Pengetahuan pada seorang individu haruslah dibagikan pada individu lainnya agar dapat sama-sama berkembang, khususnya dalam lingkup organisasi. Apabila individu anggota organisasi rutin berbagi pengetahuan, organisasi tersebut dapat belajar untuk terus berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan berbagi pengetahuan yang meliputi aspek perilaku berbagi pengetahuan dan manfaat penerapannya dalam pembelajaran organisasi pada Subbidang Perawatan dan Perbaikan Bahan Pustaka Perpusnas. Penelitian ini memusatkan pada pelaksanaan proses berbagi pengetahuan yang dilakukan dengan memperhatikan teori 4 aspek berbagi pengetahuan menurut Chen, Irene Y.L., dan Kinshuk (2009). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Informan merupakan 11 orang staf Subbidang Perawatan dan Perbaikan Bahan Pustaka Perpusnas yang terlibat langsung dalam kegiatan berbagi pengetahuan ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran organisasi sudah mulai berkembang dengan ditandai setiap staf telah memahami pentingnya berbagi pengetahuan namun tanpa disadari telah melakukannya, sikap yang ditunjukkan oleh setiap staf pun menyamaratakan penyebaran pengetahuan dan tidak membedakan staf tertentu, pengetahuan yang diterima pun tidak diterima begitu saja melainkan didiskusikan dan diolah terlebih dahulu, dan setiap staf selalu berusaha menjaga hubungan baik antar staf lainnya.
No copy data
No other version available