Skripsi
Hubungan Kegiatan Wajib Baca Dalam Membangun Budaya Literasi Sekolah dengan Minat Membaca Siswa SD : Studi Korelasional pada Siswa Kelas IV, V, VI dalam meningkatkan minat baca di SD Negeri Hegarmanah 1 Kecamatan Jatinangor
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kegiatan wajib baca dalam membangun budaya literasi sekolah dengan minat membaca siswa SD Negeri Hegaramanah 1 Kecamatan Jatinangor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV, V, dan VI SD Negeri Hegaramanah 1 Kecamatan Jatinangor. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah respopnden 125 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan wajib baca dalam membangun budaya literasi sekolah memiliki hubungan yang signifikan dengan minat membaca siswa SD. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka untuk meningkatkan minat baca siswa SD dapat ditentukan oleh: Lingkungan fisik yang ramah literasi, Lingkungan Sosial dan Afektif sebagai Model Komunikasi dan Interaksi yang Literat, dan Sekolah sebagai Lingkungan Akademik yang Literat.
No copy data
No other version available