Text
Analisis Margin dan Saluran Pemasaran Usaha Perbibitan Kambing Perah Peranakan Etawah (Studi Kasus Kelompok Ternak Lebaksiuh, Desa Sindanggalih, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut)
Penelitian mengenai Analisis Margin dan Saluran Pemasaran Usaha Perbibitan Kambing Perah Peranakan Etawah telah dilaksanakan dari bulan Februari sampai April 2017 di Kelompok ternak Lebaksiuh Desa Sindanggalih Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui saluran pemasaran, fungsi serta biaya, margin dan keuntungan saluran pemasaran kelompok ternak Lebaksiuh. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penentuan jumlah informan dilakukan secara purposive dengan jumlah informan sebanyak 9 orang. Data yang terkumpul dari teknik wawancara dianalisis lalu disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola saluran pemasaran kambing PE pada kelompok ternak Lebaksiuh, terdiri dari saluran pemasaran III tingkat dan saluran pemasaran II tingkat. Total keuntungan pada saluran pemasaran I dan II sebesar Rp. 846.000,00 per ekor, dan sebesar Rp. 1.351.000,00 per ekor untuk pemasaran kambing PE jantan dan Rp. 701.000,00 per ekor untuk pemasaran kambing PE betina. Total margin pemasaran saluran pemasaran I dan II sebesar Rp. 900.000,00 per ekor dan sebesar Rp. 1.590.000,00 per ekor untuk kambing PE jantan dan Rp. 940.000,00 per ekor untuk kambing PE betina. Total biaya yang dikeluarkan untuk saluran pemasaran I dan II berturut-turut sebesar Rp. 54.000,00 dan Rp. 239.000,00 per ekor kambing PE. Presentasi bagian yang diterima oleh petani untuk saluran pemasaran I yang paling besar adalah kambing Jantan umur 2-3 tahun sebesar 80%, sedangkan yang paling kecil adalah cempek lepas sapih sebesar 46% dan saluran pemasaran II sebesar 68%.
Kata Kunci: kambing PE, margin pemasaran, saluran pemasaran
No copy data
No other version available