Text
Analisis Pengaruh Kualitas Produk Daging Sapi Dingin Kemasan Hampa Udara (Vacuum Chilled Beef) terhadap Loyalias Pelanggan (Survei Pelanggan Rumah Potong Hewan PT. Elders Indonesia)
Penelitian mengenai pengaruh kualitas produk daging sapi dingin (vacuum
chilled beef) terhadap loyalitas pelanggan telah dilakukan di rumah potong hewan
dan ke tempat pelanggan PT. Elders Indonesia (Bogor, Depok, Bekasi, dan Jakarta)
pada Bulan November 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
penilaian pelanggan mengenai kualitas produk yang terdiri dari kinerja, fitur,
kehandalan, kesesuaian, daya tahan, kemampuan layanan serta citra/ reputasi dan
penilaian loyalitas pelanggan serta pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas
pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan
mengambil data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari 30 responden
berdasarkan simple random sampling dengan wawancara berdasarkan daftar
pertanyaan. Data sekunder diperoleh dari RPH PT. Elders Indonesia. Data
dianalisis statistik menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penilaian pelanggan mengenai dimensi kualitas produk yaitu
kinerja, fitur, kehandalan, kesesuaian, daya tahan, kemampuan layanan, dan citra
atau reputasi produk masing-masing adalah cukup, baik, sangat baik, baik, sangat
baik, baik, dan sangat baik. Penilaian pelanggan mengenai loyalitas pelanggan
yaitu tidak loyal. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh dari model y = 10,252-
0,095X1-0,405X2-0,469X3+0,055X4-0,436X5+0,061X6+0,143X7+ԑ adalah sebesar
0,494. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pengaruh kualitas
produk terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 49,40%.
Kata kunci: kualitas, loyalitas, Daging Sapi Kemasan Hampa Udara
No copy data
No other version available