Text
Analisis Pola Saluran dan Marjin Pemasaran Ayam Buras (Studi Kasus pada Peternakan Ayam Buras Jimmy's Farm, Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat)
Penelitian dilaksanakan di Peternakan Ayam Buras Jimmy’s Farm, Cipanas
Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada tanggal 11 Oktober sampai tanggal 11
November 2016. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jumlah pola saluran
pemasaran dan menganalisis besar marjin serta nilai efisiensi ekonomis pemasaran
ayam buras Jimmy’s Farm. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Data
diperoleh melalui teknik wawancara kepada pelaku pemasaran (peternak, pedagang
pengumpul dan pedagang pengecer) serta dianalisis secara deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan, bahwa pola saluran pemasaran ayam buras di Jimmy’s
Farm terdiri dari beberapa jenis yaitu saluran pemasaran I A, I B, II A, II B, IV A1,
IV A2, dan IV B yang tergolong ke dalam saluran tingkat satu serta saluran
pemasaran III yang tergolong ke dalam saluran tingkat dua. Marjin pemasaran per
ekor ayam buras saluran pemasaran I A, I B, II A, II B, III, IV A1, IV A2 dan IV B
secara berturut-turut adalah Rp1.775,00; Rp1.775,00; Rp2.175,00; Rp1.515,00;
Rp2.615,00; Rp2.330,00; Rp3.830,00 dan Rp1.313,00. Terdapat lima saluran
pemasaran yang tergolong efisien (Eps < 5%) yaitu saluran pemasaran I A, I B, III,
IV A1 dan IV B. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran
I A dan I B dengan nilai Eps sebesar 3,17%.
Kata kunci : Ayam Buras, Saluran Pemasaran, Marjin Pemasaran
No copy data
No other version available