Text
[SKRIPSI] PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL TERHADAP INNOVATIVE WORK BEHAVIOR PADA PEREMPUAN PELAKU UMKM BIDANG FASHION DI KOTA BANDUNG
Pandemi Covid-19 menjadi masalah baru bagi berbagai aspek kehidupan
di Indonesia, salah satunya aspek ekonomi. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
(UMKM) mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam menumbuhkan dan
memulihkan perekonomian Indonesia. Dari total UMKM yang tersebar di
Indonesia, sebagian besar dari UMKM dikelola oleh perempuan. Dari segi
geografis, Kota Bandung merupakan kota dengan pertumbuhan UMKM yang
terus meningkat pertahunnya. Dalam menghadapi pandemi Covid-19, banyak
perempuan pelaku UMKM yang harus menutup usahanya. Namun, pandemi
Covid-19 juga membuka peluang baru bagi para perempuan pelaku UMKM yang
baru merintis usahanya dan banyak pelaku yang sudah dapat beradaptasi, serta
mengembangkan bisnisnya. Melihat kondisi industri kreatif yang terus
berkembang dengan semakin banyaknya UMKM yang berdiri di Kota Bandung,
terutama dalam bidang fashion, dibutuhkan suatu strategi agar perempuan pelaku
UMKM dapat terus bertahan dan mengembangkan usahanya. Innovative work
behavior dapat menjadi suatu faktor penting bagi para perempuan pelaku UMKM
untuk mempertahankan usahanya dan menyesuaikan diri dengan perubahan atau
perkembangan kompetitornya. Psychological capital merupakan salah satu faktor
internal yang dapat memengaruhi munculnya perilaku inovatif para pelaku.
Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
psychological capital terhadap innovative work behavior pada para perempuan
pelaku UMKM bidang fashion di Kota Bandung.
Penelitian ini dilakukan kepada 137 perempuan pelaku UMKM dengan
teknik convenience sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
non-eksperimental dengan metode studi deskriptif. Pengambilan data dilakukan
menggunakan alat ukur Psychological Capital Questionnaire-24 yang diadaptasi
dari Luthans dkk (2007) dan Innovative Work Behavior Questionnaire yang
diadaptasi dari Janssen (2004) dan den Jong & de Hartog (2010). Hasil pada
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (sebesar
42.8%) dari psychological capital terhadap innovative work behavior para
perempuan pelaku UMKM bidang fashion Kota Bandung. Dapat disimpulkan
bahwa semakin tinggi psychological capital perempuan pelaku UMKM bidang
fashion Kota Bandung maka semakin tinggi pula perilaku inovatif yang dihasilkan
para pelaku.
No copy data
No other version available