Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN COLLEGE ADJUSTMENT DENGAN KUALITAS PERTEMANAN PADA MAHASISWA BARU YANG MENJALANI PERKULIAHAN ONLINE
Hadirnya pandemi Covid-19 menjadi tantangan besar bagi berbagai sektor
kehidupan, salah satunya sektor pendidikan. Menanggapi situasi tersebut, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah melalui Surat Edaran Kemendikbud Dikti No.
1 tahun 2020 menetapkan kebijakan pelaksanaan perkuliahan online. Perubahan
pelaksanaan perkuliahan tersebut dapat menjadi tantangan tersendiri bagi penyesuaian
diri mahasiswa tahun pertama yang baru menginjakkan kaki di dunia perkuliahan.
College adjustment adalah situasi di mana mahasiswa dapat beradaptasi dengan cepat
dan efektif terhadap berbagai tantangan yang dihadapi di lingkungan baru perkuliahan.
Salah satu faktor yang memengaruhi tingkat penyesuaian diri mahasiswa adalah
dukungan sosial. Pada tahap usia mahasiswa, teman memiliki peran yang penting
dalam kehidupan mahasiswa. Akan tetapi, situasi pandemi mengharuskan mahasiswa
untuk melakukan segala bentuk komunikasi dengan temannya secara online. Hal ini
dapat memengaruhi kualitas pertemanan yang dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian ini
mencoba mengkaji hubungan antara penyesuaian diri dengan kualitas pertemanan
mahasiswa Universitas Padjadjaran angkatan 2021 yang menjalani perkuliahan online.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan alat ukur Student
Adaptation to College Questionnaire (SACQ) dan Friendship Quality Scale (FQS).
Kuesioner penelitian disebar secara online menggunakan Google Form kepada 4
fakultas terpilih menggunakan teknik clustered random sampling dan mendapatkan
sebanyak 128 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan
antara tingkat penyesuaian diri dengan kualitas pertemanan mahasiswa Universitas
Padjadjaran angkatan 2021. Selain itu, hasil penelitian juga menemukan adanya
korelasi positif antara skor tingkat penyesuaian mahasiswa dengan dimensi security
dan closeness dari skor kualitas pertemanan. Lalu terdapat pula korelasi positif antara
skor kualitas pertemanan dengan dimensi academic adjustment dan social adjustment.
Penelitian ini dapat menjadi landasan bagi penelitian serupa kedepannya mengenai
variabel yang serupa pada populasi maupun konteks yang berbeda
No copy data
No other version available