Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN ANTARA PARENTING STYLES DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA SMA BOARDING SCHOOL
"Siswa sekolah asrama memiliki pengalaman yang berbeda dengan siswa
sekolah reguler. Mereka harus melalui tantangan dari berbagai aspek yang dapat
mengancam pencapaian akademiknya. Oleh karena itu, penting bagi siswa asrama
memiliki resiliensi akademik. Komponen dalam resiliensi terdiri atas faktor resiko
dan faktor pelindung salah satunya adalah gaya pengasuhan orang tua. Penelitian
ini bertujuan untuk melihat hubungan antara gaya pengasuhan orangtua dengan
resiliensi akademik siswa SMA boarding school. Desain penelitian menggunakan
cross-sectional study melalui pengumpulan data cluster random sampling dengan
analisis data menggunakan Uji Korelasi Eta dan ANOVA. Peneliti menguji
hubungan antara gaya pengasuhan dengan resiliensi akademik pada siswa SMA
boarding school. Metode penelitian ini Sebanyak 186 siswa asrama dilibatkan
dalam penelitian ini. Berdasarkan Uji Eta ditemukan tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara gaya pengasuhan dan resiliensi akademik maupun dengan
dimensinya yaitu perseverance dan reflecting & adaptive help-seeking. Satusatunya yang berkorelasi signifikan dengan gaya pengasuhan adalah dimensi
negative affect & emosional response pada resiliensi akademik (r(186) = 0.21; r2 =
0.044). Penelitian selanjutnya dapat menguji hubungan kedua variabel dengan alat
ukur yang menghasilkan data interval untuk melihat korelasi secara luas ataupun
faktor lain yang mungkin lebih berperan dengan resiliensi akademik. "
No copy data
No other version available