Text
[SKRIPSI] Studi Komparatif Employability Peserta Didik S1 Dan D4 Universitas Padjadjaran
Indonesia sebagai bangsa dengan bonus demografi memerlukan instansi
pendidikan yang mampu untuk mencetak tenaga kerja yang berkualitas sehingga
pemerintah Indonesia membentuk pendidikan tinggi yang ditugaskan untuk
mempersiapkan kesiapan kerja masyarakat Indonesia. Usaha ini dilakukan salah
satunya dengan mendirikan jenjang program tinggi Sarjana Strata 1 (S1) dan Sarjana
Terapan Diploma Empat (D4) yang setara sebagai program sarjana. Kedua jenis
program ini dibangun dari dua dasar pendidikan yang berbeda walau berada di
jenjang pendidikan yang sama, namun perbedaan tenaga kerja dari kedua jenjang
program studi ini diperdebatkan. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui perbedaan kesiapan kerja (employability) yang terbentuk
dari kedua jenis program ini dengan membandingkannya satu sama lain.
Penelitian ini merupakan studi komparatif dengan pendekatan kuantitatif
nonparametrik dalam mengidentifikasikan employability 488 peserta didik S1 dan 64
peserta didik D4 di Universitas Padjadjaran dengan teori employability development
profile Pool & Sewell (2007) dan tidak ditemukan perbedaan employability yang
signifikan secara statistik. Oleh karena itu, data faktor internal yang dipaparkan
Jackson & Wilton (2016) digunakan untuk mempertajam temuan mengenai jenjang
program tinggi terhadap employability dengan pengujian antarkelompok.
No copy data
No other version available