Text
[SKRPSII] PERAN EMPLOYABILITY DEVELOPMENT OPPORTUNITIES TERHADAP EMPLOYABILITY MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN
Fenomena bonus demografi dan tingginya pengangguran di Indonesia,
mengakibatkan persaingan yang ketat di pasar dunia kerja. Untuk itu, mahasiswa
tingkat akhir sebagai calon lulusan yang akan menghadapi dunia kerja perlu untuk
memiliki kesiapan kerja agar dapat bersaing. Kesiapan kerja ini menurut Pool &
Sewell (2007) dapat disebut dengan employability. Dalam pengembangan
kesiapan kerja ini, perguruan tinggi memiliki peran yang vital. Struktur yang
dibuat oleh perguruan tinggi untuk mendukung employability mahasiswa disebut
sebagai employability development opportunities (Milner, 2008). Untuk itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Employability Development
Opportunities (EDO) terhadap Employability mahasiswa Fakultas Psikologi
Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini merupakan studi non-eksperimental dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif dan metode analisis regresi linear berganda. Subjek
penelitian terdiri dari 86 mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Unpad yang
diperoleh menggunakan teknik sampling simple random sampling. Teknik
pengambilan data menggunakan kuesioner online yang juga disebarkan secara
online.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama keenam EDO
memiliki peran yang signifikan terhadap employability sebanyak 34.5%. Selain itu
ditemukan pula bahwa terdapat peran yang signifikan dari Personal development
learning terhadap employability mahasiswa sebesar 27.4%. Artinya, semakin
tinggi personal development learning mahasiswa, semakin tinggi pula
employability atau kesiapan kerjanya.
No copy data
No other version available