Text
[SKRIPSI] GAMBARAN SELF-EFFICACY BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA GENERASI Z FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN
Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia
dan ditemukan di internet, namun kemampuan bahasa Inggris di Indonesia
termasuk kategori rendah. Mahasiswa sebagai bagian dari Generasi Z (usia 17-24
tahun) yang menjadi populasi dominan di Indonesia, umumnya memiliki
kemampuan bahasa Inggris yang tergolong rendah. Terdapat banyak sekali faktor
yang dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Di antara
faktor-faktor tersebut yang menjadi prediktor terkuat untuk menentukan
kemampuan bahasa Inggris seseorang adalah self-efficacy. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat gambaran self-efficacy bahasa Inggris mahasiswa generasi Z Fakultas
Psikologi Universitas Padjadjaran.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-eksperimental kuantitatif
dengan menggunakan questionnaire of english self-efficacy (QESE) yang
ditranslasi ke dalam bahasa Indonesia. Metode sampling yang digunakan adalah
convenience sampling. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa
Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang termasuk ke dalam kelompok
generasi Z. Prosedur pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner
melalui media sosial Line dan WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan selfefficacy mahasiswa generasi Z Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran termasuk
dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa generasi Z Fakultas
Psikologi Universitas Padjadjaran memiliki kepercayaan yang tinggi atas
kapabilitasnya dalam menggunakan bahasa Inggris. Selain itu diketahui selfefficacy untuk kemampuan listening dan reading memiliki perbedaan signifikan
dengan kemampuan writing dan speaking, di mana kemampuan listening dan
reading lebih tinggi dari kemampuan writing dan speaking. Temuan lainnya
menunjukkan tidak ditemukan perbedaan yang signifikan antara self-efficacy
mahasiswa laki-laki dan perempuan.
No copy data
No other version available