Text
[SKRIPSI/JURNAL : PENYELESAIAN TUGAS AKHIR DENGAN ARTIKEL PENGGANTI SKRIPSI] APLIKASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) PADA PERGURUAN TINGGI TERHADAP KARIER MAHASISWA
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan career
exploration terhadap career maturity mahasiswa dengan perbedaan kurikulum,
yaitu kurikulum MBKM dan nonMBKM. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif non-eksperimental dengan metode penelitian
korelasional. Terdapat dua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu,
Career Exploration Scale (CES) dan Career Development Inventory (CDI).
Populasi dari penelitian ini yaitu mahasiswa aktif dengan kurikulum nonMBKM
sebanyak 144 mahasiswa dan mahasiswa aktif dengan kurikulum Merdeka
Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) sebanyak 147 mahasiswa. Kedua populasi
berasal dari Fakultas Psikologi pada suatu universitas di Bandung. Pengambilan
data dilakukan pada mahasiswa dengan kurikulum nonMBKM (n=108) dan
mahasiswa dengan kurikulum MBKM (n=111) dengan teknik probability
sampling yaitu simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu analisis regresi dan analisis kovarian. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa terdapat peranan career exploration terhadap career
maturity pada kurikulum nonMBKM dan kurikulum MBKM, serta tidak
terdapat perbedaan peranan career exploration terhadap career maturity antara
kedua populasi. Hal ini menandakan bahwa kurikulum memberikan pengaruh
yang besar pada karier mahasiswa, di mana kurikulum MBKM yang
berorientasi pada pengalaman langsung mahasiswa untuk mempersiapkan diri
memasuki dunia kerja lebih efektif untuk mempersiapkan karier mahasiswa"
No copy data
No other version available