Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN ANTARA COLLEGE ADJUSTMENT DENGAN COLLEGE STUDENT SUBJECTIVE WELL-BEING PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA UNIVERSITAS PADJADJARAN YANG MENJALANI PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Mahasiswa yang baru masuk ke perguruan tinggi dan menjalani
pembelajaran jarak jauh akan menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan baru.
Dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut, mahasiswa perlu memiliki
kemampuan untuk menyesuaikan diri (college adjustment). Kemampuan
mahasiswa untuk menyesuaikan diri diduga akan terkait dengan kesejahteraan
(well-being) mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
antara college adjustment dengan college student subjective well-being pada
mahasiswa tahun pertama Universitas Padjadjaran yang menjalani pembelajaran
jarak jauh.
Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif dengan
menggunakan metode studi korelasi. Penelitian ini melibatkan 339 mahasiswa
tahun pertama Universitas Padjadjaran. Alat ukur yang digunakan adalah The
Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) dan The College Student
Subjective Well-being Questionnaire Revised (CSSWQ-R). Teknik sampling yang
digunakan adalah random sampling, yaitu stratified random sampling dan cluster
sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner daring
yang dibagikan melalui aplikasi LINE dan WhatsApp. Analisis data dilakukan
secara deskriptif dan inferensial. Statistik inferensial yang dilakukan adalah uji
normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji korelasi Spearman’s Correlation.
Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan positif dengan
kekuatan sedang/cukup antara college adjustment dengan college student subjective
well-being pada mahasiswa tahun pertama yang menjalani pembelajaran jarak jauh.
Berdasarkan dimensinya, korelasi tertinggi ditunjukkan antara dimensi social
adjustment dengan dimensi school connectedness, diikuti dengan dimensi academic
adjustment dengan dimensi academic satisfaction, dan dimensi academic
adjustment dengan dimensi academic efficacy. Sementara itu, korelasi terendah
adalah hubungan antara dimensi personal-emotional adjustment dengan seluruh
dimensi college student subjective well-being.
No copy data
No other version available