Text
[SKRIPSI] PERAN STRES AKADEMIK TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIDIKMISI
Mahasiswa tidak terlepas dari berbagai tuntutan yang dimilikinya, baik itu
tuntutan akademik maupun non akademik. Mahasiswa Bidikmisi dapat memiliki
tuntutan yang lebih banyak dikarenakan kendala finansial dan syarat beasiswa
Bidikmisi. Kendala dan tuntutan yang dialami mahasiswa Bidikmisi dapat berisiko
pada penurunan performa akademik maupun tidak dapat lulus tepat waktu. Salah
satu penyebab mahasiswa Bidikmisi tidak dapat lulus tepat adalah perilaku
menunda-nunda tugas atau prokrastinasi. Prokrastinasi akademik dapat dipicu oleh
berbagai faktor, salah satunya stres akademik atau stres akibat stressor akademik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran stres akademik terhadap
prokrastinasi akademik pada mahasiswa Bidikmisi. Responden merupakan
mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi yang ditentukan dengan proses snowball
sampling (N=353). Rancangan penelitian ini yaitu penelitian non eksperimental
dengan pendekatan kuantitatif. Pengukuran menggunakan alat ukur stres akademik
oleh Sentani (2016) dan alat ukur Procrastination Assessment Scale for Student
(PASS) berbahasa Indonesia yang diadaptasi oleh Firman (2011). Data dianalisis
dengan uji korelasi Pearson dan regresi linear yang dilakukan dengan aplikasi SPSS
versi 23. Hasil menunjukkan bahwa stres akademik memiliki peran signifikan
terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Bidikmisi (p < 0.05).
No copy data
No other version available