Text
[SKRIPSI] STUDI DESKRIPTIF MENGENAI WORK ENGAGEMENT PADA TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI KOTA CIREBON
Masifnya awal pandemi lalu berdampak pada bidang pendidikan termasuk diantaranya kinerja
tenaga kependidikan dalam perguruan tinggi. Perubahan sistem proses pembelajaran serta
adanya keharusan untuk beradaptasi masing-masing individu membuat adanya perbedaan
kinerja pada tenaga kependidikan Universitas Swadaya Gunung Jati yang dirasakan oleh
mahasiswa dan pengajar di lingkungan universitas. Meskipun terdapat tuntutan pekerjaan (job
demands), adapun upaya universitas dan lingkungan kerjanya dalam mengadakan sumber
daya pekerjaan (job resources) sehingga memunculkan sikap individu yang yakin akan
kemampuannya (personal resources). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat
bagaimana tingkat gambaran work engagement saat ini yang dimiliki oleh tenaga
kependidikan Universitas Swadaya Gunung Jati. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif deskriptif kepada 93 tenaga kependidikan dengan menggunakan sampling jenuh.
Alat ukur yang digunakan adalah Utrecht Work Engagement Scales oleh teori Schaufeli
(2000) dalam penelitian Nastuti (2013) tentang work engagement tenaga kependidikan
perguruan tinggi. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat work engagement tenaga
kependidikan Universitas Swadaya Gunung Jati saat ini tergolong tinggi dengan dimensi work
engagement tertinggi yaitu dimensi vigor. Selain itu, terdapat perbedaan nilai work
engagement pada data demografi responden kategori usia.
No copy data
No other version available