Text
[DISERTASI] PENGARUH INDUKSI EMOSI TERHADAP KAPASITAS WORKING MEMORY BERDASARKAN TINGKAT EFFORTFUL CONTROL: STUDI EKSPERIMENTAL PADA MAHASISWA UMUM DAN MAHASISWA HAFIDZ Al-QUR’AN
Penelitian mengenai pengaruh induksi emosi terhadap kapasitas working memory
belum menunjukkan hasil konsisten. Penelitian terkait pengaruh effortful control
terhadap kapasitas working memory masih belum banyak diteliti. Penelitian
mengenai induksi emosi dan effortful control terhadap Hafidz Al-Qur’an belum
banyak diteliti. Penelitian sebelumnya memperlihatkan bahwa effortful control,
merupakan prediktor working memory yang cukup baik, namun perlu dilakukan
pengujian secara eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
induksi emosi dan effortful control serta interaksinya terhadap kapasitas working
memory. Penelitian ini terdiri dari dua studi. Studi I melibatkan 249 partisipan
mahasiswa umum, yang terdiri dari dari laki-laki dan perempuan dengan rerata usia
(M = 18, SD = 1.2). Studi II merupakan kelanjutan dari studi I, terdiri dari 169
mahasiswa Hafidz Al-Qur’an yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dan rerata
usia (M = 19,2, SD = 1.3). Kedua studi menggunakan desain faktorial 4 (kelompok
kontrol dan kelompok valensi emosi Netral, Positif dan Negatif) x 2 (Level effortful
control: tinggi dan rendah) x 3 (pre-setelah induksi/post-test1-post-2) x 2 (verbal
dan visual: working memory task). Kapasitas working memory sebagai variabel
dependen, induksi emosi dan level effortful control sebagai variabel independen.
Pengukuran level effortful control menggunakan skala Adult Temperament
Questionnaire Scale (Rothnbart & Evan, 2007) yang telah diadaptasi ke dalam
bahasa Indonesia. Kapasitas working memory diukur berdasarkan akurasi dan
waktu reaksi dalam menyelesaikan tugas verbal dan visual working memory.
Pengukuran dilakukan berbasis komputer web online. Kapasitas verbal diukur
dengan menggunakan Word Span Task yang sudah dimodifikasi, sedangkan
kapasitas visual working memory menggunakan Corsi Block Tapping Task yang
sudah dimodifikasi. Induksi emosi berupa gambar bervalensi netral, positif dan
negatif yang diperoleh dari database The Nencki Affective Picture System (NAPS).
Analisis data menggunakan ANOVA desain faktorial untuk menguji efek utama
dan efek interaksi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa induksi emosi serta
interaksi induksi emosi dan effortful control tidak berpengaruh signifikan terhadap
kapasitas verbal working memory mahasiswa umum dan Hafidz Al-Qur’an. Level
effortful control berpengaruh signifikan terhadap kapasitas visual working memory,
baik pada mahasiswa umum maupun Hafidz Al-Qur’an. Individu dengan level
effortful control tinggi memiliki tingkat akurasi yang lebih baik, namun
membutuhkan waktu reaksi yang lebih lama. Penelitian ini memperlihatkan bahwa
induksi emosi tidak mempengaruhi kapasitas working memory baik verbal maupun
visual, pada mahasiswa umum dan Hafidz Al-Qur’an. Tingkat effortful control
memengaruhi kapasitas visual working memory pada mahasiswa umum dan Hafidz
Al-Qur’an, namun tidak pada verbal working memory.
Kata Kunci: Working Memory, Effortful Control, Induksi Emosi, Mahasiswa,
Hafidz Al-Qur’an
No copy data
No other version available