Text
[TESIS] PERAN SUBJECTIVE TASK VALUE dan CLASSROOM MOTIVATIONAL CLIMATE TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA SMA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Penelitian ini untuk membuktikan subjective task value dan
classroom motivational climate memiliki peran terhadap student
engagement siswa SMA di Bandung dalam mempelajari bahasa Indonesia.
Pendekatan dari penelitian ini adalah kuantitatif. Alat ukur yang digunakan
yaitu kuesioner classroom motivational climate CMCQ (Alonso, 2006) (18
item) , kuesioner subjective task value yang diturunkan melalui teori
(Eccles, 2005) (10 item) serta kuesioner student engagement dari (Skinner,
2008) engagement vs disaffection (24 item). Penelitian ini populasinya
siswa SMA di Bandung dengan menggunakan teknik sampling
convenience, dan diperoleh sampel sebanyak 248 siswa SMA kisaran usia
15 sampai 18 tahun yang bersekolah di Bandung. Hasil penelitian ini diuji
menggunakan analisis regresi ganda (multiple regression).
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terjadi peran positif
yang signifikan antara subjective task value dan classroom motivational
climate sebesar 21.5% terhadap student engagement siswa SMA dalam
mempelajari bahasa Indonesia di kelas . Dimensi dari subjective task value
yang memiliki peran pada behavioral engagement yang cukup besar ialah
attainment value (0,66), utility value (1,02) dan intrinsic value (1,02)
sedangkan dimensi dari subjective task value yang peran pada emotional
engagement yang cukup besar ialah attainment value (1,12) dan perceived
cost (0,58). Dimensi dari classroom motivational climate yang memiliki
peran pada behavioral engagement yang cukup besar ialah task (0,99),
authority (0,92) dan evaluation and recognition (0,98), sedangkan dimensi
dari classroom motivational climate yang memiliki peran pada emotional
engagement yang cukup besar ialah task (1,07) dan evaluation and
recognition (0,92).
Kata Kunci : subjective task value, classroom motivational climate, student
engagement, siswa SMA
No copy data
No other version available