Text
[TESIS] GAMBARAN PROFIL ACADEMIC WELL BEING BERKAITAN DENGAN ENGAGEMENT DAN BURNOUT PADA MAHASISWA DI FAKULTAS X UNIVERSITAS Y
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat profil academic well-being dari
gambaran engagement dan burnout pada mahasiswa melalui pendekatan personcentered. Penelitian dilakukan pada 224 orang mahasiswa Fakultas X Universitas
Y. Alat ukur yang digunakan merupakan adaptasi dari Maslach Burnout InventoryStudent Survey (MBI-SS) dan Utrecht Work Engagement Scale for Students
(UWES-S). Setelah diuji kelayakan diperoleh 13 item pada alat ukur burnout dan
11 item pada alat ukur engagement dalam konteks akademik pada mahasiswa yang
valid dan reliabel berdasarkan pengujian test content dan internal structure.
Jumlah profil dihasilkan dengan menggunakan analisis statistik latent
profile analysis (LPA) dengan fitur Finite Mixture (FIMIX) Segmentation pada
software SmartPLS. Kriteria yang digunakan untuk mendapatkan jumlah profil
yang optimal adalah Akaike information criterion (AIC) dan Bayesian information
criterion (BIC). Hasil menunjukkan terdapat empat segmen profil academic wellbeing yang ditemukan pada populasi mahasiswa dalam penelitian ini.
Segmen pertama yaitu kelompok moderate academic well-being (59,4%),
kelompok ini memiliki rerata skor positif yang mendekati rerata skor z pada hampir
semua dimensinya. Profil ini digambarkan sebagai kelompok cenderung merasakan
adanya tuntutan akdemik dan juga memiliki usaha dalam studi yang positif. Segmen
kedua yaitu kelompok low average academic well-being (25%) yang menunjukkan
skor negatif pada hampir semua dimensi engagement dan burnout. Kemungkinan
kelompok ini memiliki motivasi yang rendah dalam pencapaian akademik.
Segmen ketiga adalah emerging engaged (7,1%) yang menunjukkan
burnout negatif dan engagement positif. Kelompok ini menganggap perkuliahan
tidak begitu dianggap sebagai suatu stressor, dan kelompok ini memiliki perasaan
kompetensi yang baik terhadap studi. Segmen keempat adalah stressed dengan
vigor positif (8,5%) yang menunjukkan burnout positif dan engagement negatif.
Kelompok ini merasakan adanya tekanan dalam tuntutan studi, dan kelompok ini
masih menunjukkan usaha yang tinggi dalam menjalankan studi. Tidak terdapat
perbedaan IPK pada masing-masing kelompok profil academic well-being.
Kata Kunci : Academic well-being, Burnout, Engagement"
No copy data
No other version available