Text
[SKRIPSI] PENGARUH PERUBAHAN SATURASI TAMPILAN TERHADAP EKSPEKTASI INTENSITAS RASA Studi Mengenai Pengaruh Manipulasi Saturasi Foto Ayam Goreng Tepung Terhadap Ekspektasi Intensitas Rasa
Meningkatnya pemanfaatan teknologi digital dalam pembelian makanan
membuat tampilan menjadi salah satu faktor utama yang digunakan untuk menilai
rasa makanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah perubahan
saturasi tampilan makanan memiliki pengaruh terhadap ekspektasi intensitas rasa.
Penelitian ini termasuk dalam eksperimental semu dengan populasi dewasa
muda generasi Z (18-22 tahun) yang berdomisili di Jawa Barat dan DKI Jakarta.
Sampel dipilih dengan metode convenience sampling. Dengan total 100 sampel
melalui within-participant posttest-only design, masing-masing partisipan
diberikan tautan daring dengan 4 stimulus berupa ayam goreng tepung identik
dengan manipulasi saturasi warna sebesar 25% (0%, -25%, +25%, +50%) diikuti
kuesioner setelah masing-masing stimulus. Data dianalisis dengan uji Friedman
untuk melihat apakah terdapat perbedaan signifikan dan uji lanjutan Wilcoxon
signed-test untuk mengetahui stimulus mana saja yang memiliki perbedaan
signifikan.
Didapatkan adanya perbedaan signifikan pada rasa asin (χ2
(3) = 79.261, p =
0.000) dan gurih (χ2
(3) = 26.815, p = 0.000) pada stimulus dengan saturasi yang
lebih tinggi dibandingkan yang bersaturasi rendah. Namun, tidak ditemukan adanya
perbedaan signifikan rasa renyah (χ2
(3) = 0.847, p = 0.838.) dan juicy/keberairan
(χ2
(3) = 6.683, p = 0.083) pada keseluruhan stimulus.
Hasil yang didapatkan menggambarkan bahwa terdapat pengaruh saturasi
tampilan terhadap ekspektasi intensitas rasa pada partisipan yaitu pada rasa asin dan
gurih. Tidak ditemukan pengaruh perubahan saturasi terhadap rasa renyah dan
juicy/berair. Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah peningkatan kontrol dalam
penampilan produk.
Kata Kunci : warna, rasa, multisensory perception
No copy data
No other version available