Text
[SKRIPSI] GAMBARAN HAPPINESS AT WORK PADA KARYAWAN STARTUP X
Kemunculan startup mendorong perubahan dalam dunia bisnis mengenai
budaya perusahaan yang sejak lama memiliki ciri khas identik. Perubahan ini dapat
dilihat bagaimana startup memberikan kepercayaan pada karyawan untuk mengatur
jadwal kerja secara mandiri dan alasan yang mendorong karyawan untuk bekerja
yang berbeda dari generasi sebelumnya, yaitu untuk memberikan dampak nyata.
Iklim organisasi startup yang tidak pasti karena perubahan-perubahan besar yang
masih dialami membuat sumber daya manusia menjadi salah satu permasalahan
utama yang dihadapi startup. Perusahaan startup identik dengan perusahaan yang
inovatif dan salah satu hal yang telah terbukti penting untuk dimiliki karyawan yang
secara intensif mengasah pengetahuannya adalah happiness at work. Pada saat ini
terdapat satu startup lokal, yaitu startup X yang fokus dalam mengatasi
permasalahan di sektor sumber daya manusia melalui produk yang ditawarkan
berupa Software as a Service (SaaS) yang juga digunakan oleh startup X untuk para
karyawannya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana
gambaran happiness at work pada karyawan startup X.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-eksperimental dengan metode
penelitian survei. Partisipan penelitian ini adalah 33 karyawan startup X yang telah
bekerja selama minimal 6 bulan dengan pengambilan sampel jenuh. Pengambilan
data menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada seluruh sampel
penelitian. Alat ukur happiness at work disusun berdasarkan teori Fisher (2010)
dengan dimensi the work itself diukur melalui Utrecht Work Engagement Scales
(Schaufeli & Bakker, 2004), the job including contextual features dengan Job
Satisfaction Survey (Spector, 1994), dan organisation as a whole dengan Affective
Organisational Commitment (Meyer & Allen, 1991). Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif menggunakan mean.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan startup X
memiliki tingkat happiness at work pada kategori slightly happy. Artinya, karyawan
memaknai pengalamannya mengenai perasaan bahagia terhadap pekerjaan,
karakteristik pekerjaan, dan organisasinya secara positif namun terdapat sedikit
pengalaman yang dimaknai negatif. Sebagian besar karyawan startup X merasa
slightly happy pada seluruh dimensi happiness at work. Tidak ditemukan adanya
perbedaan happiness at work berdasarkan faktor demografis usia dan jenis kelamin.
Kata Kunci: startup, happiness at work, the work itself, the job including
contextual features, organisation as a whole
No copy data
No other version available