Text
[SKRIPSI] GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN APLIKASI E-COMMERCE MARKETPLACE X PADAPELANGGAN MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN
Penggunaan internet yang begitu besar pada masyarakat memicu pertumbuhan
progresif perdagangan elektronik atau electronic commerce (e-commerce). Ecommerce marketplace X merupakan salah satu perusahaan e-commerce jenis
marketplace dengan jumlah pelanggan terbanyak di Indonesia. Performa aplikasi ecommerce marketplace X belum merupakan yang paling baik dibandingkan ecommerce lainya. Segmen mahasiswa di daerah Jatinangor merupakan pasar ecommerce yang berpotensial. Pelanggan mahasiswa e-commerce marketplace X di
Jatinangor didominasi oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran. Alasan yang
mendasari pelanggan mahasiswa Universitas Padjadjaran dalam berbelanja melalui
aplikasi e-commerce marketplace X berkaitan dengan dimensi-dimensi kualitas
pelayanan pada konteks elektronik. Konsep electronic service quality oleh
Parasuraman et al (2005) digunakan pada penelitian ini dalam melihat penilaian
pelanggan terhadap kualitas pelayanan aplikasi e-commerce marketplace X.
Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh gambaran kualitas pelayanan aplikasi ecommerce marketplace X pada pelanggan mahasiswa Universitas Padjadjaran.
Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif dengan metode
deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling.
Penelitian ini dilakukan pada 254 mahasiswa Universitas Padjadjaran yang berusia
17 – 24 tahun dan pernah berbelanja melalui aplikasi e-commerce marketplace X
minimal dua kali dalam enam bulan akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan
penyebaran kuesioner secara online. Alat ukur yang digunakan merupakan adaptasi
dari skala Electronic Service Quality dan Electronic Recovery Service Quality
berdasarkan konsep electronic service quality oleh Parasuraman et al (2005).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pelanggan mahasiswa
Universitas Padjadjaran menilai kualitas pelayanan aplikasi e-commerce
marketplace X bernilai baik. Artinya, kualitas pelayanan aplikasi e-commerce
marketplace X dipersepsikan telah memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan.
Dimensi fulfillment merupakan dimensi yang dinilai paling memenuhi harapan, dan
dimensi compensation merupakan dimensi yang dinilai paling sedikit memenuhi
harapan.
Kata Kunci: kualitas pelayanan elektronik, e-commerce, marketplace, perilaku
konsumen.
No copy data
No other version available