0.05). Dimensi yang paling berkontribusi terhadap skor motivasi adalah expectancy, diikuti oleh valence, dan instrumentality. Ini memberikan gambaran bahwa keyakinan karyawan atas usahanya demi memberikan kinerja atau hasil yang terbaik menjadi faktor utama dalam pembentuk motivasi karyawan. Kata kunci: Motivasi, Frontliner, Valence, Instrumentality, Expectancy" " />
Text
[SKRIPSI] GAMBARAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN FRONTLINER DI MAL CIPUTRA SELAMA PANDEMI COVID-19
"Motivasi adalah kebutuhan dasar setiap manusia yang memberikan dorongan
untuk memberikan aksi demi mencapai tujuan atau memuaskan kebutuhannya.
Manusia tidak lepas dari yang namanya bekerja dan penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan data empiris terhadap motivasi kerja karyawan berdasarkan tiga dimensi.
Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif. Penelitian ini dilakukan
terhadap 37 karyawan frontliner Mal Ciputra dengan teknik pengambilan sampel
cluster sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan alat ukur yang telah
diadaptasi yang didasarkan pada teori expectancy oleh Victor Harold Vroom yang
meliputi tiga dimensi, yaitu Valence, Instrumentality, Expectancy. Pengumpulan data
juga dilakukan secara daring dengan menyebarkan tautan google form. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa motivasi kerja karyawan frontliner Mal Ciputra sebanyak 55%
rendah. Hasil perhitungan uji beda juga tidak menunjukkan adanya perbedaan yang
signifikan dari faktor demografi (jenis kelamin, usia, masa kerja, divisi) pada motivasi
kerja karyawan (p > 0.05). Dimensi yang paling berkontribusi terhadap skor motivasi
adalah expectancy, diikuti oleh valence, dan instrumentality. Ini memberikan gambaran
bahwa keyakinan karyawan atas usahanya demi memberikan kinerja atau hasil yang
terbaik menjadi faktor utama dalam pembentuk motivasi karyawan.
Kata kunci: Motivasi, Frontliner, Valence, Instrumentality, Expectancy"
No copy data
No other version available