Text
[TESIS] PERAN ACHIEVEMENT GOAL TERHADAP ACADEMIC CHEATING MELALUI SIKAP TERHADAP MENYONTEK PADA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Pada Siswa SMA Di Kota Bandung "
"Academic cheating masih banyak ditemukan hingga saat ini. Adanya pembelajaran
online yang dilakukan saat ini pula membuat peluang terjadinya academic cheating
meningkat. Alasan siswa masih melakukan menyontek adalah ingin mendapatkan
nilai yang bagus dan takut mengalami kegagalan. Alasan-alasan tersebut
mencerminkan achievement goal yang dimiliki siswa, khususnya performance
goal. Achievement goal siswa dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu
mastery-approach, mastery-avoidance, performance-approach dan performanceavoidance. Adapun hal lain yang mempengaruhi academic cheating yaitu attitude
toward cheating. Siswa dengan achievement goal tertentu akan memiliki sikap yang
berbeda terhadap academic cheating hingga akhirnya menentukan perilaku
menyontek yang ditampilkan. Pada penelitian ini attitude toward cheating
diposisikan. sebagai mediator hubungan achievement goal dan academic cheating.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran achievement goal terhadap academic
cheating melalui attitude toward cheating siswa SMA pada pelajaran matematika.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Teknik sampling
yang digunakan adalah cluster random sampling. Responden pada penelitian ini
sebanyak 658 siswa dari 10 sekolah SMA di kota Bandung. Terdapat tiga alat ukur
yang digunakan ialah cheating behavior scale, Achievement Goal-QuestionnaireRevised (AGQ-R) dan attitude toward cheating scale. Alat ukur yang digunakan
memiliki validitas dan reliabilitas yang baik. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan kuesioner online.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mastery approach berperan negatif terhadap
academic cheating melalui attitude toward cheating. Hal tersebut menunjukkan
bahwa ketika siswa berorientasi untuk menguasai materi dan meningkatkan
pemahamannya, maka ia akan menentang perilaku menyontek dan hingga akhirnya
tidak akan menyontek. Hasil penelitian ini pula menunjukkan bahwa performance
approach dan performance avoidance tidak berperan terhadap academic cheating
maupun attitude toward cheating. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi
penelitian selanjutnya untuk melakukan penelitian di mata pelajaran yang berbeda
serta dapat menjadi referensi dalam intervensi menurunkan perilaku menyontek
siswa.
Kata kunci: academic cheating, achievement goal, attitude toward cheating, siswa
SMA, matematika"
No copy data
No other version available