Text
[TESIS] PERANAN MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SAAT MENJALANI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PANDEMI COVID-19 Studi pada Remaja SMA di Kota Bandung
"Student engagement merupakan hal penting yang dibutuhkan saat Pembelajaran
Jarak Jauh (PJJ). Student engagement memiliki peranan penting bersama motivasi
dalam pencapaian siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peranan
antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap student engagement SMA di Kota
Bandung dalam masa PJJ akibat pandemi covid-19. Alat ukur yang digunakan
dalam penelitian ini adalah alat ukur yang peneliti adaptasi dari SEM-MacArthur
Fredericks dan Intrinsic and Extrinsic Scale dari Harter yang di modifikasi oleh
Lepper yang kemudian diadaptasi dalam konteks PJJ dalam bahasa Indonesia
menggunakan ITC guidelines. Kedua alat ukur menunjukkan nilai yang reliabel
(Cronbach’s alpha ≥0.6) dan juga valid. Metode penelitian menggunakan studi
cross sectional dengan pengambilan data secara survey online menggunakan teknik
cluster random sampling pada 472 siswa SMA di Kota Bandung. Hasil analisis data
menggunakan pendekatan Structural Equational Model (SEM) dan menunjukkan
terdapat peranan secara simultan dari kedua tipe motivasi terhadap tiga dimensi
engagement. Namun, jika dilihat lebih lanjut secara terpisah pengaruh tersebut
hanya terlihat dari motivasi intrinsik terhadap behavioural (β=0.450, p
No copy data
No other version available