Text
[SKRIPSI] Hubungan Academic Burnout dengan Prestasi Akademik Siswa Kelas 3 SMA Unggulan
"Academic burnout memiliki konsekuensi yang buruk terhadap prestasi akademik pelajar. Masalahnya, sejauh ini penelitian mengenai burnout dan pendidikan di jenjang SMA masih sedikit di Indonesia. Penelitian-penelitian mengenai academic burnout dan prestasi akademik pada siswa SMA menunjukan berbagai hasil, ada yang menunjukan hubungan yang kuat, lemah, bahkan tidak memiliki hubungan sama sekali.Ada juga penelitian yang menunjukan bahwa prestasi akademik dapat memprediksi tingkat academic burnout siswa, namun tidak sebaliknya. Ada juga penelitian yang menunjukan bahwa dari 3 dimensi academic burnout, yaitu emotional exhaustion, cynicism, dan personal inadequacy, hanya satu atau dua dimensi saja yang memiliki hubungan dengan prestasi akademik. Dari sini peneliti tertarik meneliti hubungan academic burnout dengan prestasi akademik pada siswa SMA kelas 3 di sekolah unggulan, karena kondisi sekolah mereka yang sangat menuntut performa siswa. Subjek yang dipilih adalah siswa kelas 3 SMA dari SMA Negeri 2 Kuningan sebagai perwakilan sekolah unggulan. Jumlah subjek sebesar 127 siswa dengan alat ukur yang digunakan adalah School Burnout Inventory (SBI) yang dibuat oleh Salmela-Aro dkk. (2008) dan telah digunakan oleh Rahman (2020) dan menggunakan nilai siswa yang sudah diberikan peringkat sebagai alat ukur prestasi akademik. Nilai reliabilitas alat ukur SBI adalah 0,831.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa academic burnout memiliki hubungan negatif yang lemah dengan prestasi akademik dan dari dua dimensi yang diuji, yaitu emotional exhaustion dan cynicism, hanya sinisme yang memiliki hubungan, walaupun lemah, dengan prestasi akademik.
Kata kunci: academic burnout, prestasi akademik, siswa SMA kelas 3, emotional exhaustion, cynicism
"
No copy data
No other version available