Text
[SKRIPSI] PERAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP KETERLIBATAN PADA PEMBELAJARAN DARING
"dalam belajar (SRL) terhadap tiap dimensi keterlibatan pada pembelajaran daring. Penelitian sebelumnya masih terbatas dan terdapat limitasi dari sisi alat ukur yang belum dikembangkan dari konteks pembelajaran daring. Studi korelasi (dengan uji regresi) dilakukan dengan pendekatan noneksperimental, dengan convenience sampling, dan didapatkan 246 partisipan yaitu individu yang pernah belajar pada pembelajaran daring tertentu selama minimal 3 bulan. Data diambil secara daring melalui google form. SRL diukur dengan The Self-regulated Online Learning Questionnaire Revised dan keterlibatan diukur dengan MOOC engagement scale yang telah diterjemahkan dan dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran signifikan SRL terhadap tiap dimensi keterlibatan pada pembelajaran daring. Sebanyak 33,7% (Adusted R2 = 0,335; p < 0.001) variasi pada keterlibatan perilaku dijelaskan oleh SRL; 37,1% (Adjusted R2 = 0,368; p < 0.001) variasi pada keterlibatan kognitif dijelaskan oleh SRL; dan 21% (Adjusted R2 = 0,207; p < 0.001) variasi pada keterlibatan emosi dijelaskan oleh SRL.
Kata Kunci: regulasi diri dalam belajar, keterlibatan, pembelajaran daring"
No copy data
No other version available