Text
[SKRIPSI] GAMBARAN MORAL DISENGAGEMENT DALAM KONTEKS PERILAKU MENYONTEK DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) AKIBAT DARI PANDEMI COVID-19 Studi Deskriptif mengenai Moral Disengagement dalam Konteks Perilaku Menyontek pada Mahasiswa
"Pandemi COVID-19 memengaruhi banyak aspek kehidupan manusia di saat ini
seperti kehidupan sosial, pekerjaan, dan pendidikan. Pembatasan Sosial Berskala
Besar (PSBB) diterapkan untuk menekan angka penularan virus korona. Di dalam
dunia pendidikan, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diterapkan sebagai sarana
pendidikan di masa pandemi. Masalah yang terjadi selama masa PJJ dapat
menyebabkan mahasiswa menjustifikasi perilaku menyontek. Menjustifikasi
perilaku tidak etis merupakan mekanisme yang digunakan untuk menonaktifkan
sanksi diri, dan juga dikenal sebagai moral disengagement (MD). Penelitian ini
bermaksud untuk mengetahui bagaimana gambaran moral disengagement
mahasiswa di masa PJJ. Kami menggunakan metode kuantitatif non eksperimental
dengan metode survei daring. Dalam penelitian ini moral disengagement diukur
dengan alat ukur academic moral disengagement dari Farnese et. al. (2011) yang
telah diadaptasi oleh Firdaus & Solicha (2018). Alat ukur ini memiliki 2 dimensi
MD against professors dan MD against students. Fakultas Psikologi Universitas
Padjadjaran diambil sebagai lokasi dari penelitian ini. Kita menggunakan metode
cognitive interview sebagai tambahan validitas alat ukur yang kami gunakan. Kita
juga menguji reliabilitas dari alat ukur ini, hasilnya reliabilitas alat ukur tinggi
(cronbach’s alpha, 0.813). Sebanyak 99 mahasiswa (perempuan 80,8%, laki-laki
19,2%) mengikuti penelitian ini, yang diperoleh menggunakan teknik stratified
random sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa bimbang untuk
membenarkan perilaku menyontek di masa PJJ. Pembenaran yang cenderung
mahasiswa lakukan adalah dengan menyalahkan temannya sebagai sumber atas
perilaku menyonteknya (MD against students). Penelitian ini memiliki beberapa
limitasi yang telah didiskusikan di bawah. Bagaimanapun juga, penelitian ini
menyoroti kegunaan yang penting untuk diterapkan ke depannya.
Kata kunci: academic moral disengagement, menyontek, pembelajaran jarak jauh,
COVID-19"
No copy data
No other version available