Text
[SKRIPSI] GAMBARAN SHOPPING MOTIVES DI ONLINE THRIFT SHOPPING PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN
"Berbagai jenis penjualan online tengah bermunculan dan meningkat
dengan pesat, salah satu jenis penjualan online yang tengah berkembang saat ini
adalah thrift shopping. Thrift shopping adalah kegiatan belanja produk bekas
dengan dibersihkan dan dikemas sedemikian rupa dari segi tempat, lebih rapi,
bersih, dan berkualitas serta memiliki keunikan sendiri, harga ekonomis serta
masih memiliki nilai branded. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
gambaran shopping motives yang muncul pada mahasiswa Fakultas Psikologi
Universitas Padjadjaran dalam melakukan thrift shopping. Rancangan penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif non-eksperimental pada 100 responden dengan
metode convenience sampling. Responden pada penelitian ini merupakan
konsumen mahasiswa Fapsi Unpad yang pernah melakukan thrift shopping
selama 1 tahun terakhir. Pengambilan data dilakukan secara daring dengan
menggunakan platform Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
shopping motives (M = 60.38) pada mahasiswa Fapsi Unpad tergolong kedalam
kategori tinggi baik secara umum maupun pada setiap dimensinya. Berdasarkan
dimensinya, hedonic shopping motives (M = 45.22) merupakan dimensi yang
memiliki skor paling tinggi dan berbeda secara signifikan dengan dimensi yang
lain, yaitu utilitarian shopping motives (M=15.16). Penemuan dalam penelitian ini
adalah ditemukannya bahwa mahasiswa Fapsi Unpad melakukan thrift shopping
karena mereka menunjukkan bahwa tujuan mereka melakukan online thrift
shopping bukan hanya untuk memperoleh produk dengan melakukan pembelian
atau menyelesaikan misi, melainkan karena kesenangan yang diperoleh melalui
proses belanja itu sendiri.
Kata Kunci: Shopping Motives; Thrift shopping; Mahasiswa Fakultas Psikologi
Universitas Padjadjaran."
No copy data
No other version available