Text
[SKRIPSI] PERAN ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH BERBENTUK ULASAN KOSUMEN TERHADAP INTENSI MEMBELI ONLINE PRODUK MAKE-UP X PADA MAHASISWI UNIVERSITAS PADJADJARAN
Selama pandemi, terdapat tren peningkatan perilaku membeli produk
kecantikan. Salah satu produk kecantikan yang memiliki penjualan tinggi adalah
Emina. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan dan menggambarkan peran
EWOM berbentuk ulasan konsumen terhadap Intensi membeli online produk makeup Emina pada mahasiswi Universitas Padjadjaran. Instrumen yang digunakan
adalah alat ukur adaptasi Persepsi mengenai EWOM dan Intensi membeli secara
online. Sampel dikumpulkan menggunakan Teknik Convenience sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 229 mahasiswi D-IV dan S1 dari 16 Fakultas di
Universitas Padjadjaran. Pengambilan data dilakukan menggunakan Self-reported
questioner secara online melalui media Google Form.
Hasil menunjukkan bahwa EWOM berbentuk ualsan konsumen melalui
ketiga dimensi EWOM yaitu, EWOM Credibillity, EWOM Quality, dan EWOM
Quantity secara keseluruhan berpengaruh sebesar 20.6% terhadap intensi membeli
produk Emina secara online pada mahasiswi Universitas Padjadjaran. Diantara
ketiga dimensi EWOM, EWOM Credibillity merupakan dimensi yang paling
berpengaruh, dengan besar pengaruh EWOM Credibillity, EWOM Quality, dan
EWOM quantity secara berturut-turut adalah 53.3%, 25.5%, dan 21.2%.
Berikutnya, data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata itensi membeli
produk make-up Emina secara online pada partisipan berdasarkan frekuensi
membaca ulasan. Semakin sering partisipan melihat ulasan konsumen, maka
semakin tinggi peluang partisipan berniat membeli dan memutuskan untuk
melakukan pembelian produk Emina.
Kata Kunci : EWOM, Ulasan Konsumen, Produk Kecantikan, EMINA"
No copy data
No other version available