Text
[SKRIPSI] PERAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP COGNITIVE ENGAGEMENT PADA MAHASISWA RUMPUN SAINTEK UNIVERSITAS PADJADJARAN
"Pembelajaran STEM (Statistic, Technology, Engineering, Mathematic) atau saintek membutuhkan keterlibatan aktif atau engagement di dalam diri seorang pelajar, salah satunya yaitu cognitive engagement. Cognitive engagement diasosiasikan dalam bentuk perilaku konkret untuk dapat didefinisikan dan diukur, yaitu sebuah upaya yang dikerahkan untuk semakin memperdalam pemahaman mahasiswa dalam pembelajarannya. Cognitive engagement dalam ICAP Framework dicoba untuk dikategorikan menjadi 4 mode pembelajaran, diantaranya: Passive, Active, Constructive, dan Interactive. Untuk mencapai cognitive engagement yang tinggi, dibutuhkan pengaturan diri atau self-regulated learning yang baik berupa pengaturan pada sebelum belajar, saat belajar, dan sesudah belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran dari self-regulated learning terhadap cognitive engagement pada mahasiswa rumpun saintek Universitas Padjadjaran. Subjek penelitian merupakan fakultas rumpun saintek Universitas Padjadjaran, yaitu Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknik Geologi, dan Fakultas Farmasi dengan melalui teknik sampling two-stage cluster sampling (N=91). Rancangan penelitian ini adalah penelitian non-eksperimental dengan pengukuran self-regulated learning menggunakan alat ukur Self-Regulated Learning Self-Report Scale (SRL-SRS) dan cognitive engagement menggunakan alat ukur Student Course Cognitive Engagement Instrument (SCCEI). Analisa uji korelasi Pearson dan regresi linear berganda dilakukan dengan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 23. Hasil menunjukan bahwa self-regulated learning memiliki peran secara signifikan terhadap cognitive engagement pada mahasiswa rumpun saintek Universitas Padjadjaran.
Kata kunci: self-regulated learning, cognitive engagement, ICAP Framework, pembelajaran STEM, fakultas rumpun saintek"
No copy data
No other version available