Text
[SKRIPSI] PERAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP BRAND LOYALTY PRODUK KOSMETIK LOKAL MEREK X PADA KONSUMEN MAHASISWI
"Produk lokal merupakan komponen penting bagi negara Indonesia karena
perannya yang krusial terhadap perekonomian. Merek-merek lokal berlomba agar
konsumen memiliki loyalitas terhadap merek mereka sehingga angka penjualan
stabil atau bahkan semakin meningkat. Salah satu merek lokal yang saat ini
penjualannya dianggap mampu bersaing dalam pasar adalah Wardah. Namun,
persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat. Oleh sebab itu, perlu diteliti faktor
yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen pada produk lokal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peran perceived quality terhadap brand loyalty pada
produk kosmetik lokal. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
non-eksperimental pada 242 responden dengan metode cluster sampling.
Responden pada penelitian ini merupakan konsumen mahasiswi yang pernah
setidaknya menggunakan kosmetik Wardah dua kali dalam satu tahun terakhir.
Pengambilan data dilakukan secara daring dengan menggunakan perangkat lunak
Google Form. Berdasarkan hasil analisis regresi didapatkan bahwa perceived
quality berperan secara signifikan terhadap brand loyalty secara keseluruhan.
Perceived quality juga diketahui berperan signifikan kepada masing-masing
dimensi brand loyalty, yaitu behavioral loyalty dan attitudinal loyalty. Berdasarkan
hasil pengolahan data penunjang, ditemukan juga terdapat perbedaan perceived
quality dan brand loyalty konsumen berdasarkan pendapatan/ uang saku dan jumlah
pembelian yang dilakukan konsumen.
Kata kunci: perceived quality; brand loyalty; kosmetik lokal."
No copy data
No other version available