Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN NEED FOR VARIETY DENGAN BRAND SWITCHING INTENTION PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN KONSUMEN BRAND X
"Pada tahun 2020 terdapat peningkatan tren belanja online pada masyarakat
Indonesia yang diikuti pertumbuhan e-commerce di Indonesia turut meningkat
dengan memiliki nilai tumbuh sebesar 78%. Adapun data menyebutkan bahwa
produk yang paling sering dibeli oleh konsumen salah satunya adalah skincare, di
mana individu memiliki ketertarikan terhadap clean beauty skincare. Eksposur
yang didapatkan oleh individu terhadap beragam brand skincare dapat mendorong
munculnya kebutuhan akan variasi yang memengaruhi perilaku pembelian yang
dilakukan oleh individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah terdapat hubungan antara need for variety dengan brand switching intention
pada konsumen brand X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode korelasional yang melibatkan 187 responden yang didapatkan
melalui teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini
adalah Exploratory Buying Behavior Tendencies (EBBT) Scale dan Brand
Switching Intention Scale yang telah terbukti memiliki reliabilitas serta validitas
yang baik. Adapun responden mengisi kuesioner penelitian melalui Google Form.
Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan
antara need for variety dengan brand switching intention pada konsumen brand X
(r=0.293, p-value < 0.05). Hal tersebut berarti bahwa semakin tinggi kebutuhan
akan variasi maka semakin tinggi pula niat beralih merek yang dimiliki oleh
individu. Meskipun begitu, dalam penelitian ini hubungan di antara kedua variabel
termasuk dalam kategori lemah yang dapat disebabkan karena individu berada
dalam kondisi keterlibatan yang tinggi terhadap produk skincare dan di sisi lain
pihak marketers juga melakukan stimulasi dengan menyediakan beragam varian
dari tiap produk skincare yang mencegah individu untuk mencari variasi pada
merek skincare lain
Kata kunci: need for variety; brand switching intention; clean beauty skincare;
mahasiswa. "
No copy data
No other version available