Text
[SKRIPSI] PENGARUH PARENTAL AUTONOMY SUPPORT TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING MAHASISWA DENGAN MEDIASI PEMENUHAN KEBUTUHAN OTONOMI
Mahasiswa sebagai emerging adults memiliki otonomi sebagai salah satu tugas
perkembangan inti. Penting bagi orang tua untuk menyediakan lingkungan yang
mendukung otonomi pada diri mahasiswa agar mereka dapat bertindak sesuai
keinginannya sendiri, yang kemudian bermanfaat bagi tingkat psychological wellbeing dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor pengaruh dari
parental autonomy support terhadap psychological well-being mahasiswa yang
tinggal bersama orang tua di masa pandemi Covid-19 dengan mediasi pemenuhan
kebutuhan otonomi. Dengan menggunakan teknik convenience sampling, diperoleh
responden sebanyak 227 mahasiswa di Indonesia (21,6% laki-laki, 78,4%
perempuan) dengan rentang usia 18-24 tahun (M = 20,73; SD = 0,93). Terdapat tiga
alat ukur terjemahan bahasa Indonesia yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu
Parental Autonomy Support Scale, subskala Autonomy Satisfaction dari Basic
Psychological Needs Satisfaction and Frustration Scale (BPNSFS) – General
Measure, dan Psychological Well-Being Scale (PWBS) – Short Version. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan otonomi memediasi secara
penuh pengaruh tidak langsung parental autonomy support terhadap psychological
well-being mahasiswa. Temuan ini mendukung framework self-determination
theory dan mengimplikasikan peran penting parental autonomy support dalam
meningkatkan psychological well-being mahasiswa terutama pada masa pandemi.
Kata Kunci: parental autonomy support, pemenuhan kebutuhan otonomi,
psychological well-being, mahasiswa, pandemi Covid-19"
No copy data
No other version available