Text
[SKRIPSI] PERAN SOCIAL COMPARISON TERHADAP SELF-EFFICACY MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN ANGKATAN 2016
"Mahasiswa memerlukan self-efficacy yang tinggi agar dapat berhasil dalam
mengerjakan skripsi. Salah satu faktor yang berperan dalam pembentukan selfefficacy adalah perbandingan diri dengan orang lain, dimana penilaian self-efficacy
ini akan bervariasi tergantung dari kemampuan orang yang dijadikan target
perbandingan. Faktor ini kemudian dikaitkan dengan teori social comparison oleh
Festinger (1954). Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana peran
upward comparison, horizontal comparison, dan downward comparison terhadap
self-efficacy mengerjakan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas
Padjadjaran angkatan 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif non-eksperimental dengan metode penelitian korelasional. Responden
terdiri atas 77 mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2016 yang sedang
mengerjakan skripsi dan dipilih menggunakan teknik random sampling. Alat ukur
yang digunakan pada penelitian ini adalah alat ukur self-efficacy mengerjakan
skripsi yang dikembangkan oleh Sari (2018) dan Academic Social Comparison
Scale (ASCS) oleh Pulford et al. (2018) yang dimodifikasi peneliti ke dalam
konteks pengerjaan skripsi. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner secara online kepada responden penelitian melalui gform. Hasil yang
diperoleh menunjukkan bahwa social comparison berkontribusi terhadap 36,6%
variasi nilai self-efficacy mengerjakan skripsi, dengan upward comparison berperan
signifikan dalam penurunan self-efficacy mengerjakan skripsi, dan horizontal
comparison berperan signifikan dalam peningkatan self-efficacy mengerjakan
skripsi. Downward comparison ditemukan tidak berperan signifikan dalam
peningkatan maupun penurunan self-efficacy responden.
Kata Kunci: self-efficacy, social comparison, skripsi"
No copy data
No other version available