Text
[SKRIPSI] GAMBARAN COGNITIVE EMOTION REGULATION PADA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19
"Pada masa pandemi Covid-19 mahasiswa menghadapi berbagai kondisi
yang dapat menimbulkan berbagai jenis stres psikologis. Cognitive emotion
regulation merupakan salah satu strategi coping yang dapat digunakan untuk
meregulasi emosi dan strategi-strategi didalamnya terbagi dalam strategi adaptif
dan non adaptif. Individu yang banyak menggunakan strategi adaptif ditemukan
lebih lebih mudah dalam menghadapi tekanan dan individu yang lebih banyak
menggunakan strategi non adaptif ditemukan lebih rentan terhadap penyakit
psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan strategi
dalam cognitive emotion regulation pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-eksperimental
kuantitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif. Penelitian ini melibatkan
235 mahasiswa Universitas Padjadjaran angkatan 2017, 2018, dan 2019. Alat ukur
yang digunakan adalah Cognitive Emotion Regulation Questionnaire (CERQ) yang
telah diadaptasi oleh Faradiba & Febrayosi (2019). Teknik sampling yang
digunakan adalah quota sampling. Pengambilan data dilakukan
dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online.
Hasil penelitian menemukan bahwa mayoritas responden tergolong sangat
tinggi dalam menggunakan strategi-strategi cognitive emotion regulation dan
secara umum strategi-strategi yang merupakan strategi adaptif lebih banyak
digunakan dibanding strategi yang non adaptif saat mengahadapi situasi yang
menekan di masa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa
jenis kelamin dan jenis kondisi yang menekan (stressful life event) mempengaruhi
penggunaan strategi dalam cognitive emotion regulation.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Mahasiswa, Stress, Cognitive Emotion
Regulation"
No copy data
No other version available