Text
[SKRIPSI] PENGARUH EMPOWERING LEADERSHIP TERHADAP EMPLOYEE CREATIVITY PADA GURU PAUD DI KABUPATEN TASIKMALAYA
"Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu pemenuhan hak
pendidikan melalui proses belajar bagi anak yang berusia prasekolah untuk
merangsang kemampuan belajar untuk pendidikan lebih lanjut. Meninjau kepada
kondisi PAUD di Indonesia, masih banyak sekolah PAUD yang belum memenuhi
standar nasional dalam proses pengelolaan dan penyelenggaraannya. Salah satunya
disebabkan oleh kualitas guru PAUD belum sesuai kualifikasi standar nasional.
Meningkatkan kualitas guru PAUD dapat dilakukan dengan meningkatkan
kreativitas guru PAUD. Pemberdayaan kepemimpinan berhubungan dengan
kreativitas pekerja (Knezovic & Musrati, 2018). Kreativitas dan komunikasi yang
dimiliki oleh guru memiliki peran yang penting dan signifikan terhadap kualitas
belajar di sekolah (Susilo dkk, 2021). Kepala sekolah memegang peranan penting
bagi proses belajar mengajar pada sekolah PAUD, kepala sekolah bertugas untuk
mengendalikan, mengkoordinasikan serta menggerakkan sumber daya yang ada di
sekolah, termasuk guru (Lortie, 2009). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari empowering
leadership terhadap employee creativity pada guru PAUD di Himpaudi Kabupaten
Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif non-eksperimental.
Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster sampling. Responden
berjumlah 304 responden yang berasal dari 6 kecamatan di Kabupaten
Tasikmalaya. Alat ukur yang digunakan adalah Empowering Leadership
Questionnare (Arnold, 2000) dan Employee Creativity Questionnare (Zhou &
George, 2001). Selanjutnya data diolah menggunakan analisis IBM SPSS 25. Hasil
penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari empowering
leadership terhadap employee creativity pada guru PAUD di Himpaudi Kabupaten
Tasikmalaya.
Kata kunci: empowering leadership, employee creativity, guru PAUD."
No copy data
No other version available