Text
[SKRIPSI] PERAN ACADEMIC SELF-EFFICACY TERHADAP ACADEMIC ADJUSTMENT PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM MBKM FAKULTAS PSIKOLOGI UNPAD
"Mahasiswa tahun pertama seringkali dihadapkan oleh berbagai perubahan,
termasuk salah satunya dari tuntutan akademik. Beberapa tahun terakhir Kebijakan
MBKM mulai direalisasikan oleh seluruh Perguruan Tinggi sehingga mahasiswa
baru Akan mengalami perubahan yang berbeda dengan mahasiswa kakak
tingkatnya. Oleh karenanya, penyesuaian diri yang memadai dalam menghadapi
tuntutan dan kebutuhan akademik diperlukan agar proses pembelajaran tetap dapat
berjalan dengan optimal. Salah satu aspek yang mendorong pengembangan
penyesuaian akademik pada mahasiswa adalah keyakinan mereka akan
kemampuan dalam menghadapi tantangan akademik tersebut. Penelitian ini yang
bertujuan untuk mengetahui peran academic self-efficacy terhadap academic
adjustment pada mahasiswa tahun pertama program Merdeka Belajar Kampus
Merdeka Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Responden merupakan
mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2021 yang ditentukan dengan secara acak
dengan proses simple random sampling (N=109). Rancangan penelitian ini
merupakan penelitian non-eksperimental. Pengukuran menggunakan alat ukur
penyesuaian akademik yang dikembangkan berdasarkan konsep academic
adjustment menurut Schneider (1964) dan alat ukur academic adjustment oleh
Budiman dkk. (2017). Analisis uji korelasi Pearson dan regresi linear berganda
dilakukan dengan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 23. Hasil menunjukan bahwa
academic self-efficacy secara signifikan berperan terhadap academic adjustment
pada mahasiswa tahun pertama program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.
Kata kunci: academic adjustment, academic-self-efficacy, mahasiswa tahun
pertama, Merdeka Belajar Kampus Merdeka"
No copy data
No other version available