Text
[SKRIPSI] GAMBARAN STUDENT ENGAGEMENT SISWA SMA NEGERI DI KOTA BANDUNG DALAM KONDISI PEMBELAJARAN DARING
"ABSTRAK
Penerapan kebijakan belajar daring merupakan salah satu solusi yang
diambil pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19. Terdapat banyak
penyesuaian yang terjadi untuk menjaga keberlangsungan kegiatan belajar
mengajar, mulai dari level kebijakan pemerintah hingga masing-masing institusi
pendidikan. Belajar daring membuat siswa merasakan keterbatasan yang
disebabkan tidak adanya interaksi langsung dengan guru dan temannya, baik di
dalam maupun di luar kelas. Keterbatasan ini dapat mengancam engagement siswa
terhadap kegiatan belajar mengajar. Hal ini juga dirasakan oleh siswa SMA Negeri
di Kota Bandung sebagai salah satu pihak yang mementingkan engagement
terhadap kegiatan belajar mengajar dalam keberhasilannya untuk transisi ke masa
dewasa.
Penelitian ini menggunakan rancangan non-eksperimental kuantitatif
dengan metode deskriptif. Teknik sampling yang digunakan berupa stratified
random sampling. Diperoleh sampel sebanyak 297 siswa yang tersebar dari 23
SMA Negeri Kota Bandung. Jumlah sampel terbagi rata sesuai proporsi tingkatan
kelas (Kelas 10, Kelas 11, dan Kelas 12). Data penelitian diperoleh melalui alat
ukur adaptasi dari Student Engagement Scale dan Faktor Student Engagement
dengan cara menyebarkan kuesioner secara daring. Analisis data dilakukan
menggunakan uji deskriptif.
Student engagement siswa SMA Negeri Kota Bandung dalam pembelajaran
daring yang dilaksanakan hampir 2 tahun dapat dikategorikan tinggi. Dilihat dari
faktor yang mempengaruhinya, siswa SMA Negeri Kota Bandung memiliki faktor-
faktor yang berada pada kategori sedang. Dalam keadaan pembelajaran daring pada
siswa SMA Negeri Kota Bandung, hubungan antar dimensi student engagement
terkuat ada di antara behavioral engagement dengan cognitive engagement dan juga
antara emotional engagement dengan agentic engagement yang keduanya memiliki
hubungan sedang. Terdapat banyak perbedaan pada student engagement maupun
faktornya pada masing-masing karakteristik siswa, diantaranya pada tiap jenis
kelamin, jurusan, prestasi dan tingkat pendidikan orang tua. Limitasi dan saran
penelitian disertakan.
Kata Kunci: Student Engagement; Siswa SMA; Pembelajaran Daring"
No copy data
No other version available