Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KESEJAHTERAAN SISWA DI SMA NEGERI 2 BANJAR
"ABSTRAK
Pandemi COVID-19 mengakibatkan perubahan pada berbagai bidang,
salah satunya bidang pendidikan dimana proses pembelajaran harus dilakukan
secara daring termasuk di tingkat Sekolah Menengah Atas. Perubahan proses
pembelajaran tersebut memberikan hambatan dan dampak yang dapat
mempengaruhi kesejahteraan siswa. Proses pembelajaran daring yang dilakukan di
rumah membuat interaksi antara siswa dengan keluarga meningkat. Salah satu hal
yang memengaruhi kesejahteraan siswa adalah dukungan sosial keluarga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara dukungan
sosial keluarga dengan kesejahteraan siswa SMA Negeri 2 Banjar, bagaimana
tingkat kedua variabel yang dimiliki responden serta bagaimana perbedaan
kesejahteraan siswa ditinjau dari jenis kelamin, angkatan, jurusan, ranking, suku,
dan pendapatan orang tua. Responden merupakan siswa SMA Negeri 2 Banjar yang
ditentukan secara acak dengan proses proportionate stratified random sampling
(N=291). Rancangan penelitian merupakan non-eksperimental dengan pendekatan
penelitian korelasional. Pengukuran menggunakan alat ukur hasil modifikasi
dukungan sosial keluarga berdasarkan konsep House (Smett, 1994) dan
kesejahteraan siswa (Soutter, 2012). Analisis uji korelasi Spearman dan uji beda
dilakukan dengan aplikasi SPSS versi 22. Hasil menunjukkan bahwa terdapat
hubungan positif antara dukungan sosial keluarga dengan kesejahteraan siswa
dengan tingkat korelasi rendah (rs=0,271). Kemudian, mayoritas responden
memiliki tingkat dukungan sosial keluarga yang tergolong sedang dan tingkat
kesejahteraan siswa yang tergolong baik Selain itu, terdapat perbedaan kelompok
data variabel kesejahteraan siswa ditinjau dari angkatan atau tingkat kelas
(p=0,039).
Kata kunci : Dukungan sosial keluarga, kesejahteraan siswa, Sekolah Menengah
Atas, pandemi COVID-19."
No copy data
No other version available