Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN RASA SYUKUR DENGAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA REMAJA AKHIR
"ABSTRAK
Belanja online merupakan kegiatan yang diminati masyarakat Indonesia saat ini terutama
kaum remaja. Konsumen terbanyak diwakili oleh remaja tingkat akhir yaitu pada jenjang sarjana
dengan kuantitas akses internet tertinggi. Namun, tidak jarang ditemukan perilaku berlebihan yang
dilakukan mahasiswa dalam berbelanja online atau bisa disebut perilaku konsumtif. Perilaku
konsumtif merupakan perilaku yang membuat seseorang menjadi lebih mementingkan faktor
keinginan (want) daripada kebutuhan (need) dan cenderung dikuasai oleh hasrat keduniawian dan
kesenangan material semata, sehingga membeli barang tanpa pertimbangan rasional atau bukan
atas dasar kebutuhan (Sumartono, 2002). Fenomena ini muncul karena masyarakat mempunyai
kecenderungan materialistik (Pulungan & Febrianty, 2018). Salah satu faktor yang diperikirakan
dapat mengurangi perilaku konsumtif adalah rasa syukur. Beberapa penelitian sebelumnya
mendapatkan hasil bahwa dengan meningkatkan rasa syukur mampu meningkatkan kepuasan
hidup dan dapat mengurangi materialistik sebagai pemicu perilaku konsumtif. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara rasa syukur dengan perilaku konsumtif
belanja online pada remaja akhir.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan studi korelasi dengan
melibatkan melibatkan 107 Mahasiswa Psikologi Unpad yang berusia 18-21 tahun dan termasuk
sebagai konsumen belanja online menggunakan teknik stratified random sample dan disebarkan
menggunakan google form. Alat ukur yang digunakan yaitu alat ukur rasa syukur (Listiyandini
dkk., 2015) dan perilaku konsumtif (Panesha, 2015). Analisis data yang digunakan adalah korelasi
Pearson. Hasil analisa data menunjukkan bahwa rasa syukur berkorelasi negatif terhadap perilaku
konsumtif. Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
rasa syukur dengan perilaku konsumtif.
Kata kunci: rasa syukur, perilaku konsumtif, belanja online, remaja akhir."
No copy data
No other version available