Text
[SKRIPSI] PENGARUH STRES AKADEMIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN
"ABSTRAK
Pandemi Covid-19 sangat berdampak di berbagai bidang salah satunya di bidang pendidikan yang mengubah metode pembelajaran menjadi secara daring. Pembelajaran daring ini memiliki efek terhadap munculnya stres akademik yang dirasakan oleh mahasiswa. Berbagai tuntutan akademik yang dirasa terlalu membebankan seperti tugas yang menumpuk, ujian, rekan kelompok yang sulit kerjasama dan kekhawatiran terhadap nilai atau IP/IPK membuat mahasiswa menjadi kelelahan dan jenuh sehingga mahasiswa menjadi pasif yang berdampak pada keterlibatan (student engagement) mahasiswa dalam proses pembelajaran. Sementara itu, minat belajar merupakan faktor pendorong atau yang memberikan energi untuk mahasiswa menjadi lebih terlibat dalam kegiatan di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari stres akademik dan minat belajar terhadap student engagement mahasiswa di masa pembelajaran daring. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian non eksperimental. Dengan menggunakan stratified random sampling, jumlah responden yang didapatkan melalui kuesioner google form yaitu sebanyak 220 mahasiswa aktif S1 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang berasal dari angkatan 2018 – 2020. Alat ukur yang digunakan yaitu Stress Aprraisal, Individual and Situational Interest Questionnaire dan Student Engagement.
Hasil penelitan menunjukan bahwa stres akademik dan minat belajar secara bersamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap student engagement dengan pengaruh sebesar 20,9%. Uji T parsial juga menunjukkan bahwa secara parsial stres akademik memiliki pengaruh negatif terhadap student engagement sedangkan, minat belajar memiliki pengaruh positif. Selain itu, stres akademik memiliki pengaruh terhadap dimensi student engagement yaitu emotional engagement, cognitive engagement dan agentic engagement kecuali behavioral engagement sementara minat belajar memiliki pengaruh terhadap seluruh dimensi student engagement.
Temuan ini menunjukkan bahwa di masa pembelajaran daring, stres akademik memiliki dampak negatif terhadap menurunnya keterlibatan mahasiswa. Namun, minat belajar memiliki dampak positif untuk membuat mahasiswa menjadi lebih terlibat dalam proses pembelajaran di kelas.
Kata kunci: Pembelajaran daring, stres akademik, minat belajar, student engagement
"
No copy data
No other version available