Text
[SKRIPSI] GAMBARAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN HOTEL BARATHA KABUPATEN BONDOWOSO"
"ABSTRAK
Hotel Baratha merupakan salah satu Hotel di Jawa Timur yang saat ini
banyak menarik perhatian wisatawan. Memiliki ulasan mengesankan dengan
rating 8,5 di salah satu media travel agent terkemuka di Indonesia. Salah satu
pencapaian lain dari Hotel Baratha ialah, berhasil mendapatkan penghargaan
sebagai salah satu Hotel di Jawa Timur dengan okupansi tertinggi selama dua
tahun berturut-turut yakni tahun 2020 dan 2021. Dalam menjalankan kegiatan
operasionalnya, Hotel Baratha menggangkat visi “Menjadi perusahaan hospitality
dengan pelayanan paripurna”. Karyawan Hotel Baratha dalam melakukan
pekerjaannya dengan baik, tidak hanya harus memenuhi peraturan yang telah ada
saja, namun karyawan juga dapat menunjukkan upaya upaya lebih guna
meningkatkan efektivitas dari kegiatan operasional Hotel. Hal tersebut merujuk
pada suatu konsep yaitu OCB. Organizational Citizenship Behavior, yaitu
perilaku individu yang bersifat bebas, tindakan ini terjadi dengan tidak langsung
dan secara eksplisit mendapat penghargaan dari sistem imbalan formal dari
organisasi, dimana perilaku ini secara keseluruhan, membantu meningkatkan
efektivitas fungsi dari suatu organisasi.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bagaiaman
gambaran Organizational Citizenship Behavior pada karyawan Hotel Baratha.
OCB akan diukur menggunakan kuesioner yang dikembangkan dari lima dimensi
OCB menurut Organ, Podsakoff, dan MacKenzie (2006). Metode penelitian yang
digunakan yaitu deskriptif kuantitaif, dengan sampel sejumlah 30 orang karyawan
Hotel Baratha. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adala
Stratified Random Sampling. Analisis data menggunakan statistik deskriptif
dengan bantuan SPSS v.22.
Hasil penelitian dengan menggunakan statistika deskriptif menunjukkan
bahwa nilai OCB karyawan sebanyak 76,67% masuk dalam kategori tinggi dan
23,33% kategori cenderung tinggi. Berarti karyawan Hotel Baratha selalu
menampilkan perilaku diluar tanggung jawab pekerjaannya yang menguntungkan
organisasi. Penlitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan meneliti lebih
jauh atesenden yang mendasari munculnya OCB.
Kata Kunci : Hotel Baratha, Organizational Citizenship Behavior,
Organisasi, Kinerja Organisasi."
No copy data
No other version available