Text
[SKRIPSI] PERAN PEER RELATIONSHIPS TERHADAP MOTIVASI AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT SATU PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
"ABSTRAK
Mewabahnya pandemi Covid-19 telah menyebabkan sebagian besar sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia harus menghadapi situasi belajar yang baru, yaitu pembelajaran secara daring atau disebut sebagai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Situasi ini pun berdampak pada mahasiswa baru yang akan memasuki perguruan tinggi justru tidak dapat mengenal lingkungan sosial maupun akademiknya secara tatap muka. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana peran dari peer relationships yang terbentuk secara online terhadap motivasi akademik mahasiswa pada masa pembelajaran daring. Sejumlah 118 responden yang merupakan mahasiswa tingkat satu di sebuah perguruan tinggi berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peer relationships berperan secara signifikan sebesar 31.9% terhadap motivasi akademik mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk menekankan pentingnya membangun peer relationships yang berkualitas untuk mendukung motivasi akademik mahasiswa.
Kata kunci: motivasi akademik, peer relationships, pembelajaran jarak jauh"
No copy data
No other version available