Text
[SKRIPSI] GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI BIMBINGAN BELAJAR RUANGGURU BERDASARKAN SELF-DETERMINATION THEORY
"ABSTRAK
Motivasi belajar merupakan pendorong siswa saat proses pembelajaran yang relatif stabil dan dapat memengaruhi apa yang dipelajari, bagaimana siswa belajar, dan kapan siswa memilih untuk belajar. Ruangguru sebagai aplikasi bimbingan belajar yang fleksibel dan individual, membuat penggunanya memiliki kebebasan dalam menggunakannya. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi belajar yang dimiliki pengguna Ruangguru menggunakan teori motivasi dari Self-Determination Theory.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan kepada 100 pengguna Ruangguru tingkat SMA yang bersekolah di Jakarta menggunakan sampling non peluang dengan teknik convenience sampling dan snowball sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Academic Motivation Scale versi Bahasa Indonesia berbentuk kuesioner yang dilengkapi kuesioner penunjang yang dibuat oleh peneliti. Penyebaran dan pengisian kuesioner dilaksanakan secara daring. Uji yang digunakan untuk menghitung hasil data penelitian adalah statistika deskriptif dan uji beda Mann-Whitney U.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar pengguna Ruangguru tinggi dan hasil tersebut tidak terbatas pada jenis kelamin maupun jurusan. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat motivasi belajar yang tinggi diduga dapat dipengaruhi oleh produk dan media pembelajaran yang disediakan Ruangguru yaitu Ruang Belajar yang menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran dan rangkuman materi.
Kata Kunci: Motivasi belajar, Ruangguru, SMA, Self-Determination Theory"
No copy data
No other version available