Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN SCHOOL WELL-BEING DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI SKO RAGUNAN
"Abstrak
Sekolah merupakan lembaga yang memfasilitasi perkembangan siswanya melalui pemberian edukasi, serta membangun karakter yang dilakukan oleh guru kepada siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah, diharapkan dapat memberikan suasana belajar yang nyaman dan mampu mendorong kemauan siswa untuk belajar secara aktif (Rachmah, 2016). Menurut studi, proses dan hasil belajar siswa dipengaruhi positif oleh kesejahteraan siswa itu sendiri di sekolahnya (Hidayah, et. al., 2016). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara school well being dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI SKO Ragunan. Rancangan penelitian ini adalah non eksperimental kuantitatif, dengan metode korelasi. Penelitian ini dilakukan pada 61 siswa kelas XI SKO Ragunan dengan teknik pengambilan data convenience sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan alat ukur school well being dan alat ukur motivasi berprestasi dan kuisioner penelitan dibagikan melalui google form. Data diolah dengan menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara school well being dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI SKO Ragunan dengan kekuatan hubungan berada pada taraf kuat dan arah hubungannya positif (r=0.798, p=0.000). Maka dari itu apabila school well being siswa tinggi maka motivasi berprestasi siswa tersebut tinggi begitu pula sebaliknya apabila school well being siswa rendah maka motivasi berprestasi siswa tersebut rendah.
Kata kunci: School well being, Motivasi berprestasi, siswa kelas XI, SKO Ragunan"
No copy data
No other version available